Fakta Menarik Nissan Skyline GTR Jarang Diketahui!

Zidniryi
By -
0

Setiap penggemar mobil kemungkinan besar akan tahu tentang Nissan Skyline yang legendaris dan bermimpi untuk memilikinya. Skyline GT-R R32, R33 dan R34 adalah favorit penggemar di komunitas mobil dan ada di daftar keinginan setiap pecinta mobil, yang hampir selalu tidak terpenuhi karena terbatasnya pasokan di luar Jepang.

Nissan Skyline telah menjadi simbol industri otomotif Jepang pada umumnya dan andalan teknologi dan performa Nissan yang luar biasa. Disebut sebagai "Godzilla", Skyline adalah superstar di antara supercar berperforma tinggi.

Nissan Skyline adalah ikon mobil kompak hingga menengah yang awalnya diproduksi oleh pabrikan mobil Jepang Nissan. Nama Skyline pertama kali muncul pada tahun 1957 saat digunakan untuk mobil mewah yang diperkenalkan oleh Prince Motor Company, yang kemudian bergabung dengan Nissan.

Nissan Skyline
Nissan Skyline GTR


Sekilas Tentang Nissan Skyline GTR

Nissan Skyline adalah garis ikon mobil kompak hingga menengah yang awalnya diproduksi oleh pabrikan mobil Jepang Nissan. Nama Skyline pertama kali muncul pada tahun 1957 saat digunakan untuk mobil mewah yang diperkenalkan oleh Prince Motor Company, yang kemudian bergabung dengan Nissan.

Selama bertahun-tahun, Nissan Skyline telah mengalami beberapa generasi dan mendapatkan popularitas di seluruh dunia, terutama di kalangan pecinta mobil dan penggemar performa. Salah satu faktor kunci yang berkontribusi pada ketenarannya adalah keterkaitannya dengan varian performa tinggi dan model GT-R yang berorientasi pada performa.

Berikut adalah beberapa generasi dan model terkenal dari Nissan Skyline:

Generasi Awal: Generasi awal Skyline, seperti C10 generasi pertama dan C110 generasi kedua, diproduksi selama tahun 1960-an dan 1970-an. Model-model ini dikenal karena desainnya yang stylish dan fitur-fitur canggih pada masanya.

R32, R33, dan R34: R32 Skyline, diperkenalkan pada tahun 1989, menandai titik balik yang signifikan untuk reputasi kinerja model. Versi GT-R dari R32, khususnya, meraih sukses besar dalam kompetisi motorsport, termasuk Australian Touring Car Championship. R33 (1993) dan R34 (1999) menyusul, semakin meningkatkan reputasi Skyline untuk performa dan handling.

Nissan GT-R: Dimulai dengan generasi R35 pada tahun 2007, Nissan menghapus nama "Skyline" untuk sebagian besar pasar dan menamai model performa tinggi tersebut dengan sederhana Nissan GT-R. GT-R telah menjadi supercar killer, menawarkan tenaga yang luar biasa dan kemampuan handling yang luar biasa, seringkali dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil sport high-end lainnya.

Penting untuk dicatat bahwa popularitas model Nissan Skyline dan GT-R juga didukung oleh kehadiran mereka yang menonjol di berbagai bentuk media, termasuk video game, film, dan anime. Performa GT-R dan desain khas Skyline telah menjadikannya kendaraan yang dicari oleh para penggemar dan kolektor di seluruh dunia


Fakta Menarik Nissan Skyline

Kecepatan yang luar biasa
Skyline GTR adalah salah satu mobil berakselerasi tercepat di dunia. Dapat mencapai 100kmph dalam 2,8 detik, kecepatan yang luar biasa sejajar dengan Porsche 911 dan Lamborghini Aventador.

Sebelum penggabungan Prince Motors, pengembang pertamanya, dan Nissan, model Skyline berkompetisi di Grand Prix Jepang dan menempati posisi kedua. Setelah kesuksesan awal ini, GT-R memenangkan Kejuaraan Mobil Tur Jepang (JTCC) sebanyak dua puluh sembilan kali berturut-turut, sebuah rekor yang belum dipecahkan oleh mobil lain mana pun.

GT-R R32 memenangkan Kejuaraan Seri A Grup JTCC Jepang empat tahun berturut-turut dan juga meraih hasil yang baik di Kejuaraan Mobil Tur Australia. Kemudian, R31 memenangkan Australian Touring Car Championship pada tahun 1990, 1991 dan 1992.


Nama panggilan
Setelah kemenangan balapan berturut-turut dan meyakinkan di Jepang dan luar negeri pada awal 90-an, GT-R dengan cepat mendapat perhatian dunia dari media dan pecinta mobil.

Berkat performa luar biasa R32 GT-R dan teknologi hebat di belakangnya, publikasi otomotif populer Australia, Wheels, pertama kali menyebut GT-R sebagai "Godzilla" pada edisi 1989. R34 GT-R, favorit para penggemar, digambarkan oleh Wheels sebagai "mobil dengan penanganan terbaik yang pernah kami kendarai".

Teknologi
Seri Nissan Skyline GT-R telah dan akan terus memenangkan hati karena tenaganya yang tangguh secara teknis dan penanganannya yang eksklusif. Tenaga dahsyatnya berasal dari mesin V6 twin-turbo 3,8 liter yang menghasilkan 276 tenaga kuda dan torsi 266lb-ft.

Seri GT-R ilegal di AS
Sangat sulit untuk membeli Nissan Skyline untuk dijual di luar Jepang, karena model ini diproduksi secara eksklusif di Jepang. Pasar ekspor satu-satunya adalah Hong Kong, Australia dan Selandia Baru, dan kemudian termasuk Inggris sejak tahun 1997.

Film Fast & Furious
Nissan Skyline dan Paul Walker terkait erat karena serial film "Fast & Furious". Di film-film awal, karakter Paul Walker, Brian O'Conner, mengendarai Nissan Skyline GT-R R33 1995 oranye yang dimodifikasi secara besar-besaran, yang menjadi salah satu mobil paling ikonik dalam waralaba. Mobil itu ditampilkan secara mencolok dalam angsuran kedua dari seri tersebut, "2 Fast 2 Furious" (2003).

Penggambaran Brian O'Conner oleh Paul Walker dan hubungannya dengan Nissan Skyline secara signifikan berkontribusi pada popularitas dan ketenaran mobil di kalangan penggemar dan penggemar mobil di seluruh dunia. Waralaba "Fast & Furious", yang terkenal dengan kejar-kejaran mobil berkecepatan tinggi dan aksi akrobat yang mengesankan, memainkan peran penting dalam menampilkan berbagai mobil ikonik dan eksotis, mengubahnya menjadi simbol antusiasme otomotif.


Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)